Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab HP Android Cepat Panas

penyebab hp android cepat panas
penyebab hp android cepat panas

Aloha Sobat EL. - Hayyy apa kabar hari ini?. Baik kan?. Selamat datang di blog aku ya. Jika kamu sedang membaca postingan aku ini, sudah pasti kamu sedang mengalami hp android kamu cepat panas, iya kan?.

Saat ini smartphone seperti android sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Segala hal dapat dilakukan menggunakan ponsel pintar yang satu ini, seperti menonton video atau film, mendengarkan lagu, main game hingga melakukan transaksi finansial.

Dari waktu ke waktu, hp android semakin mengalami kemajuan dengan spesifikasi yang semakin mantap. Sehingga dengan menggunakan ponsel android saja, kita dapat memainkan game sekelas game di konsol atau pc. Namun ada satu masalah yang kerap terjadi pada ponsel android ini, yakni cepat panas.

Jika android mengalami panas atau overheat maka performanya pun akan menurun. Hal ini dilakukan sistem agar panas tersebut tidak semakin parah dan dapat mengakibatkan merusak komponen si android itu sendiri.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan android kamu cepat panas sob dan kamu harus mengetahuinya agar dapat menemukan solusi untuk menghentikan panas tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat android kamu cepat panas dan cara mengatasinya.

1. Kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Tahukah kamu bahwa layar hp android kamu adalah penyumbang panas tertinggi. Apalagi jika kecerahan layar tersebut terlalu over. Hal ini sering terjadi di hp para orang tua, atau mungkin hanya orang tua aku saja?. Aku tidak tau kenapa mereka mengatur kecerahan layarnya sangat tinggi. Padahal, sudah aku turunkan, namun ketika aku cek lagi kecerahannya naik lagi. Aokwokwok.

Untuk itulah, agar hp android kamu tidak cepat panas, coba turunkan kecerahan layar hp kamu. Selain dapat membuat hp tidak cepat panas, kecerahan layar yang pas juga tidak akan membuat mata sakit.

2. Menggunakan charger abal-abal.

Selain layar, baterai juga menjadi salah satu penyumbang panas tertinggi. Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan baterai android kamu dengan cara tidak menggunakan charger yang murahan.

Karena charger murahan tersebut tidak bisa mengontrol arus listrik yang masuk kedalam baterai dengan baik. Hal ini tentu akan merusak kesehatan baterai hp kamu, sehingga bisa menyebabkan baterai android kamu cepat rusak dengan tanda baterai android kamu cepat habis dan juga cepat panas. Maka lebih baik membeli charger asli, walaupun harganya lebih mahal, tapi kan yang penting tidak merusak baterai hp kamu.

3. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Penyebab hp android cepat panas yang satu ini sering dilakukan banyak orang. Meskipun hp android sekarang sudah memiliki spesifikasi mumpuni sehingga dapat membuka banyak aplikasi secara bersamaan, namun tetap saja hal ini akan membuat cpu dan ram bekerja ekstra sehingga mengakibatkan hp cepat panas.

Maka lebih baik kamu buka aplikasi seperlunya saja, dan tutup aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi agar kinerja mesin hp android kamu tidak menggebu-gebu yang dapat mengakibatkan hp menjadi cepat panas.

4. Bluetooth dan gps yang terus aktif.

Bluetooth dan gps yang terus aktif juga dapat terus menerus menguras daya di hp kamu, sehingga menyebabkan android kamu cepat panas. Maka pastikan untuk mematikan dua fitur tersebut jika sudah tidak digunakan ya sob.

5. Aplikasi dan software yang tidak update.

Aplikasi dan software android yang tidak up to date juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa hp android kamu cepat panas. Developer aplikasi atau software android selalu berusaha mengupdate aplikasi mereka agar tidak memberatkan kinerja hp. Maka kamu juga harus mengupdate aplikasi atau software android kamu ke versi terbaru agar dapat berjalan smooth di android kamu dan tidak menyebabkan kinerja hp menjadi berlebihan yang dapat mengakibatkan android cepat panas.

6. Cache yang menumpuk.

Cache adalah file data sementara yang dapat membantu cpu dan ram memproses suatu data secara cepat. Meskipun cache ini berguna agar dapat membuka aplikasi, file, atau pun website di android secara cepat, namun cache yang menumpuk dapat membuat kinerja cpu dan ram tidak optimal. Maka cobalah bersihkan cache dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti phone cleaner, phone master dan lain sebagainya.

7. Virus atau malware.

Virus atau malware juga dapat membuat android kamu menjadi cepat panas. Karena virus jahat tersebut terus berjalan di background android kamu meskipun android dalam keadaan terkunci. Sistem yang terus berjalan tersebut akhirnya dapat membuat android kamu menjadi panas. Agar kamu terhindar dari virus yang dapat merugikan kamu, cobalah untuk memasang anti virus di android kamu. Ada banyak anti virus yang dapat kamu install di play store seperti avast, avg, dan lain sebagainya. Selain menggunakan antivirus, agar android kamu terhindar dari virus dan malware, sebaiknya kamu jangan sembarangan mengunduh aplikasi apalagi jika itu di luar play store.

Kesimpulan.

Nah, itu dia sob hal-hal yang dapat membuat android cepat panas. Namun yang pasti, android cepat panas bisa diakibatkan karena pemakaian yang berlebihan. Apalagi kita dan juga termasuk aku sering masih memainkan hp pas lagi di charger. Padahal hal tersebut tidak bagus untuk kesehatan si android kesayangan.

Cobalah untuk mengistirahatkan smartphone kamu beberapa saat. Karena bukan hanya manusia yang butuh istirahat, mesin juga membutuhkannya agar dapat mendinginkan berbagai komponen yang ada di dalamnya.

Posting Komentar untuk "7 Penyebab HP Android Cepat Panas"